Contoh RPP

Published Januari 17, 2012 by kadeksusan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN – 03

Kode : RPP – 03

Nama Sekolah             :           SMPN 4 Denpasar

Kelas                           :           VII

Semester                      :           I

Mata Pelajaran            :           Matematika

Materi Pokok              :           Operasi Hitung Bilangan Pecahan

Sub Materi Pokok         :          Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian

Bilangan Pecahan

Jumlah Jam Pelajaran  :           2 x 35’

Pertemuan ke              :           3 ( tiga )

I.                   Standar Kompetensi

Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan pecahan dan penggunaanya dalam pemecahan masalah.

II.                Kompetensi Dasar

Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan pecahan dalam pemecahan masalah

III.             Indikator

    1. Menggunakan operasi hitung perkalian bilangan pecahan
    2. Menggunakan operasi hitung pembagian bilangan pecahan

IV.             Pengalaman Belajar

A.    Materi Ajar

1.      Perkalian Pecahan

Konsep/Sifat/Rumus

  1. Bunyi Rumus

2. Penurunan dari Konsep/Sifat/Rumus

 Untuk setiap bilangan bulat a, b, dan c berlaku

1) sifat tertutup: a x b = c;

2) sifat komutatif: a x b = b x a;

3) sifat asosiatif: (a x b) x c = a x (b x c);

4) sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan:

a x (b + c) = ( a x b) + ( a x c);

5) sifat distributif perkalian terhadap pengurangan:

a x (b c) = ( a x b) – ( a x c);

6) a x 1 = 1 x a = a; bilangan 1 adalah unsur identitas pada perkalian.

 3. Aplikasi Konsep/Sifat/Rumus

Contoh 1:

2.      Pembagian Pecahan

Konsep/Sifat/Rumus

  1. Bunyi Rumus

Operasi pembagian pada bilangan bulat merupakan invers ( kebalikan ) dari perkalian. Hal ini berlaku pada pembagian bilangan pecahan.

Penurunan dari Konsep/Sifat/Rumus

2. Aplikasi dari Konsep/Sifat/Rumus

Contoh :

B. Strategi Tatap Muka

  • Model :  pembelajaran langsung
  • Metode : demonstrasi , Tanya jawab, tugas

 C. Strategi Non Tatap Muka

  • Pekerjaan rumah

 V.                   Sarana dan Sumber Belajar

A.  Sarana / Perangkat

  • Silabus
  • RPP – 03
  • Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya kelas VII

B.  Sumber Belajar

  • Nuharini, Dewi ; Wahyuni, Tri. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya ; untuk SMP / MTS kelas VII . Jakarta : Pusat Perbukuan , Departemen Pendidikan Nasional.

VI.                 Kegiatan Pembelajaran

 

TAHAP LANGKAH PEMBELAJARAN WAKTU
KEGIATAN AWAL
  1. PENGELOLAAN KELAS
  • Melakukan absensi
  • Mengontrol tempat duduk siswa
  • Membuka materi ajar dan membuka buku siswa pada halaman 59
5’

2. APERSEPSI

  • Mengingatkan  kembali tentang pengertian pecahan serta jenis bilangan pecahan

 

5’
KEGIATAN INTI

3.  EKSPLORASI

  • Mensosialisasikan tentang operasi hitung perkalian dan pembagian pada pecahan.
  • Menyampaikan pokok-pokok dan materi inti yaitu tentang cara – cara mengalikan dan membagi bilangan pecahan.

15’
  1. KONSOLIDASI
  • Menjelaskan konsep / sifat / rumus perkalian bilangan pecahan, sifat-sifat perkalian pada pecahan, invers pada perkalian, serta pembagian pada bilangan pecahan.
  • Meminta siswa mengerjakan soal-soal uji kompetensi 6 no 1a s/d 1j.
  • Membimbing dan memotivasi siswa belajar dalam mengerjakan soal-soal uji kompetensi 6 no 1a s/d 1j.
  • Melalui diskusi kelas, bersama siswa membahas kesulitan setelah mengerjakan latihan soal
25’
  1. PEMBENTUKAN
  • Menanamkan nilai yang terkandung dalam materi ajar untuk membentuk life skill.
5’
KEGIATAN PENUTUP
  1. Memberikan rangkuman materi dan memberikan tugas atau PR yang harus dikerjakan siswa di rumah
5’
  1. POSTES
10’

 

 VII.             Evaluasi

POSTES

  1. Jenis tagihan                :           Kuis 03
  2. Bentuk instrumen        :           essay
  3. Waktu                                     :           10 menit

DENPASAR, 12 Januari 2012

MAHASISWA

Ni Kadek Susan

…………………………………………….

NPM. 09.8.03.51.30.1.5.1403

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: